Skills and Tools in Data Analysis

Fundamental of Data Analysis 2

Anugrah Rusdianto / Business Intelligence


Understanding Business Problems


Membahas dan belajar mengenai bagaimana seorang data analis memahami masalah dalam suatu bisnis, tidak hanya dalam pandangan profit, tapi juga dalam masalah sosial, dll.

Data Cleaning and Preparation


Membahas cara menyiapkan data agar siap digunakan, dengan membersihkan data terlebih dahulu dan mentransformasikannya menjadi data yang siap digunakan.

Exploratory Data Analysis & Tools


Belajar cara melakukan analisis dasar data, mengeksplorasi data, melakukan analisis dasar, menemukan kesimpulan umum, dan membahas alat analisis yang digunakan.

Understanding Business Problems


Menentukan masalah dengan cermat sebelum mencari solusinya, mengapa menentukan masalah adalah langkah penting dalam analisis, dan langkah-langkah problem solving.


Langkah-langkah Problem Solving:

Memahami Latar Belakang dan Konteks

Menentukan Stakeholders

Membuat Kerangka Berpikir untuk Menentukan Akar Masalah


Problem Solving Tools:

5 Why

Action Priority Chart

Fishbone Diagram

Flowchart/Algoritma


Contoh Bentuk 5 WHY:

DEFINE THE PROBLEM

WHY IS IT HAPPENING

WHY IS THAT

WHY IS THAT

WHY IS THAT

WHY IS THAT


Langkah Tools 5 Why:

Tentukan masalah secara umum.

Buat dan jawab pertanyaan kenapa masalah itu bisa terjadi.

Ulangi langkah 2 sampai menemukan akar masalah yang jelas.

Harus kritis, detail, dan spesifik untuk setiap iterasi.


Action Priority Matrix:


Effort: Usaha yang diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan.

Impact: Seberapa besar hasil yang didapat.

Quick wins: Membutuhkan usaha minim tapi hasil besar.

Major projects: Membutuhkan usaha besar walaupun hasil besar juga.

Fill-ins: Membutuhkan usaha minim hasil minim.

Thankless task: Sebisa mungkin dihindari karena butuh usaha besar tapi hasil kecil dan hampir tidak berpengaruh.

Langkah Membuat Pareto Chart:


Tentukan masalah atau akar masalah yang ingin dianalisis.

Tentukan impact dari setiap masalah dan buat kuantitas dari impact tersebut.

Tentukan Effort yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Petakan setiap masalah pada diagram dan prioritaskan masalah yang termasuk quick wins.

Fishbone Diagram:


Kepala ikan: Symptoms atau masalah yang dirasakan atau diutarakan oleh stakeholders.

Kotak-kotak di ujung duri ikan: Kategori dari point of view untuk mencari akar masalah.

Garis kecil di antara garis biru tebal dan kotak abu-abu: Menuliskan akar masalah berdasarkan point of view pada nomor 2.


Flowchart / Algo:

Penjelasan lebih lanjut akan disediakan di kesempatan lain.

Simbol-simbol seperti flow direction symbol, terminator symbol, connector symbol, processing symbol, symbol decision, symbol input-output, dll. digunakan dalam algoritma ini.