Business Metrics

Business Metrics

Outline

- Metrics

- Key Performance Indicators (KPI)

- Objective Key Results (OKR)


Quotes

Analytics is about tracking the metrics that are critical to your business.


Metrics

Nilai yang digunakan untuk mengukur, memonitor, dan menilai suatu proses bisnis.

Mengkomunikasikan progress pencapaian jangka pendek maupun jangka panjang.

Setiap lini bisnis memiliki metrics yang berbeda-beda.


Manfaat menggunakan metrics

- Digunakan untuk lebih memahami bisnis dan konsumen.

- Mengidentifikasi apa saja hal yang penting yang perlu diperhatikan.

- Meningkatkan efektivitas penggunaan sumber daya.

- Memudahkan komunikasi dengan tim eksekutif.

- Memudahkan pengembangan produk.


Business metrics example: Pirate Metrics

Acquisition

Konsumen Potensial (Lead) yang terjaring, misalnya melalui iklan atau kampanye pemasaran. Setelah itu, proses selanjutnya.


Activation

Lead yang mulai menjadi konsumen aktif yang menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.


Retention

Konsumen yang kembali menggunakan produk atau jasa dari waktu ke waktu.


Revenue

Pendapatan yang dihasilkan dari konsumen.


Referral

Konsumen baru yang didatangkan oleh konsumen lama.


Mengapa disebut pirate metrics?

Karena terdiri dari AARRR, seperti suara yang biasa dikeluarkan oleh bajak laut.


Case: E-Commerce

Acquisition

- Visitor Per Channel

Datang dari channel mana, seperti media sosial atau apa, juga mengukur keefektifan dari kampanye pemasaran.

- Cost of Customer Acquisition

Berapa biaya yang dikeluarkan untuk menjaring potensial konsumen tersebut.

- Conversion Rate

Berapa orang yang datang lalu menjadi pelanggan.


Activation

- Visitor to Sign-up Rate

Berapa orang yang tertarik mendaftar.

- New Subscribers

- Average Time on Page


Retention

- Retention Rate

Menghitung berapa orang yang belanja bulan ini dan bulan depan tetap berbelanja.

- Churn Rate (kebalikan dari retention)

Berapa orang yang belanja bulan ini tetapi bulan depan tidak berbelanja lagi.

- Customer Lifetime Value

Berapa nilai yang dihasilkan dari konsumen selama dia menjadi konsumen.


Revenue

- Revenue per Customer

Berapa pendapatan yang dihasilkan per pelanggan.

- Average Order Value

Sekali berbelanja, berapa yang dihabiskan oleh seseorang.

- Revenue by Channel

Pendapatan per channel.


Referral

- Net Promoter Score

Contoh: dari 0 sampai 10, berapa keinginan Anda untuk merekomendasikan tempat atau produk kami?

- Referral Rate

Berapa orang yang diajak oleh satu orang.

- Positive Reviews

Berapa atau bagaimana ulasan positif yang dibuat oleh seseorang.