More about Metrics - Business Metrics

Business Metrics 3 - Menyelami Lebih Dalam dalam Operasi Bisnis

Poin Pembelajaran Contoh Metrik Bisnis: Operasi Contoh Metrik Bisnis: Kesehatan Bisnis Pengantar Metrik Bisnis: Operasi (BME: Operasi) merupakan cara untuk memenuhi kebutuhan pengguna terhadap produk. Aktivitas dan bentuk operasi sangat bervariasi tergantung pada jenis bisnis yang dijalankan. Tujuan dari operasi adalah memenuhi kebutuhan pengguna, mulai dari permintaan transaksi pengguna hingga pelayanan dan penanganan keluhan pengguna, sehingga bisnis dapat berjalan dengan lancar. Aktivitas Operasi Pengadaan Produk dan Pasokan Kegiatan dalam operasi bisnis untuk menghasilkan produk guna memenuhi permintaan pelanggan. Selain pengadaan pasokan, banyak kegiatan lain yang biasanya dilakukan, seperti riset dan pengembangan pasokan, manajemen hubungan dengan pemasok, jaminan kualitas, yang semuanya bergantung pada jenis bisnis yang dijalankan. Layanan Tahapan ini melibatkan penerimaan keluhan dan masukan dari pengguna produk, baik dari pembeli maupun dalam beberapa jenis produk, menerima keluhan dari pemasok itu sendiri (contoh: Gojek/Grab). Metrik Metrik Operasi Bisnis a. Jumlah Pasokan Merupakan jumlah yang menunjukkan seberapa besar pasokan yang tersedia. Biasanya, jumlah pasokan disesuaikan dengan perkiraan permintaan produk oleh pengguna (pembuatan sesuai stok) atau sesuai dengan permintaan pengguna (pembuatan sesuai pesanan). b. Jumlah Transaksi Digunakan untuk menunjukkan jumlah transaksi produk yang dipasarkan, terkait dengan jumlah pasokan yang tersedia. c. Biaya Operasional Merupakan semua biaya yang diperlukan terkait dengan operasi, dengan komponen operasional itu sendiri sangat bergantung pada jenis bisnis yang dijalankan. d. Jumlah Keluhan Merupakan jumlah keluhan yang dilaporkan oleh pengguna. Metrik yang Sebenarnya Lebih Banyak Digunakan di Industri Manufaktur a. Waktu Pemrosesan (Lead Time) Merupakan waktu yang diperlukan untuk mengada pasokan, dihitung dari saat pengadaan bahan baku hingga pembuatan produk dan pengiriman ke pengguna. b. Waktu Pelayanan (Service Time) Merupakan waktu yang diperlukan oleh layanan pelanggan untuk melayani pengguna. c. Nilai Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction Score - CSAT) Merupakan nilai kepuasan pengguna terhadap produk atau keseluruhan bisnis. Biasanya juga disebut Skor Net Promoter (Net Promoter Score - NPS). Nilainya dapat diperoleh melalui survei kepada pengguna.